Reverse DNS

Pendelegasian Reverse DNS 

 

Reverse DNS adalah proses menggunakan DNS (Domain Name System) untuk menerjemahkan alamat IP ke nama host. Reverse DNS adalah kebalikan dari forward DNS, yang digunakan untuk menerjemahkan nama host yang dapat dibaca manusia ke alamat IP.

 

Delegasi reverse DNS untuk IPv4 didasarkan pada batas oktet, atau zona reverse / 8, / 16, dan / 24. Misalnya, jika Anda telah mendelegasikan blok IPv4 / 22 dari IDNIC, Anda harus mendaftarkan empat / 24 zona reverse.

Delegasi reverse untuk IPv6 didasarkan pada batas 4-bit terdekat. Ukuran awalan default untuk delegasi IPv6 yang dibuat adalah a / 32 dan / 48. Misalnya, jika Anda telah mendelegasikan blok IPv6 / 32 dari APNIC, Anda harus mendaftarkan zona reverse / 32.

Jika pelanggan Anda memiliki server reverse DNS sendiri, Anda perlu mengelola delegasi reverse DNS mereka dari dalam server nama DNS Anda dengan menambahkan catatan NS untuk zona reverse yang Anda delegasikan ke pelanggan Anda.

 

Cara mendaftar Reverse DNS dengan IDNIC

Anda dapat mendaftarkan delegasi terbalik Anda menggunakan aplikasi MyIDNIC

  • pilih menu Resources
  • lihat pada tabel REVERSE DOMAIN MANAGEMENT kemudian pilih Add Reverse Domain Delegation

 

Sebelum Anda mendaftarkan objek domain Anda, Anda perlu memastikan bahwa zona reverse Anda telah dikonfigurasi dan dimuat di server nama DNS Anda. Membuat zona reverse sama dengan membuat file zona lainnya. Catatan Mulai Otoritas (SOA) dan Server Nama awal (NS) adalah sama dengan zona normal mana pun. Namun, Anda harus membuat catatan PTR tambahan.

IDNIC tidak meng-host server nama DNS Anda atau mengkonfigurasi file zona reverse Anda. IDNIC hanya mendelegasikan wewenang zona reverse Anda ke server nama DNS yang Anda berikan melalui objek domain Anda. Jika Anda tidak memiliki layanan DNS, Anda mungkin perlu menghubungi ISP, penyedia hosting, atau penyedia DNS pihak ketiga untuk mengonfigurasi zona reverse Anda dan memuatnya di server nama DNS mereka. Anda kemudian dapat mendaftarkan objek domain Anda menggunakan server nama DNS tersebut.